Sunday, March 12, 2017

Ngaprak Leuweung : Situ Hyang (Situ Sinar Galih) Palanggaran Cicemet

Ngaprak Ke Situ Hyang Sinar Galih
Situ Sinar Galih ( Situ Hyang )
Situ Sinar Galih atau Situ Hyang warga setempat menyebut nya seperti itu, Danau ini sebenarnya merupakan danau kecil buatan yang memang dari awal pembuatan nya diperuntukkan sebagai waduk  yang berfungsi sebagai  tempat penampungan air hujan untuk perairan ladang dan ke sawah-sawah di sekitarnya. 

Keberadaan danau buatan ini sangat berperan sebagai kesejahteraan masyarakat setempat. 

Selain sebagai sumber pengairan lokasi ini pun sering dijadikan sebagai tempat untuk berkemah, karena suasana sejuk yang dapat dirasakan menjadikan tempat sangat cocok bagi kalian yang suka dengan suasana alam dan udara yang segar. Karena lokasi hanya beberapa kilo dari kaki Gunung Halimun Salak, membuat suasana disini sangat dingin.

Secara geografis tempat ini berada di perbatasan antara Prov. Banten Dengan Prov. Jawa Barat, lebih tepatnya berada di Kp. Palanggaran Cicemet Desa Sinargalih Kecamatan Cibeber Kab. Lebak. Prop. Banten. Lokasi ini pun dekat dengan kasepuhan Ciptagelar,
Ngaprak Ke Situ Hyang Sinar Galih
Bang Jack Sedang berbelanja di Indomart Pasir Kuray

Untuk menuju lokasi tersebut, bisa di lalui dari arah Bayah – Cikotok – Pasir Kuray – Cikadu. Dari Cikadu ini akan ada persimpangan disebelah kiri, menuju arah cimanggu, setelah sampai di kampung Cikadu kita bisa menyakan arah sama warga disana, nanti mereka pun akan memberitahukan arah jalannya kepada kita,  dari persimpangan cimanggu jarak yang ditempuh kurang lebih 11 KM ke cicemet.


Ngaprak Ke Situ Hyang Sinar Galih
Semangat bro Lokasi masih jauh..

Ngaprak Ke Situ Hyang Sinar Galih
berpose dulu ladies sebelum dilanjut
Untuk menuju kesana bisa  menggunakan motor dan mobil,  tapi untuk kendaraan roda empat harus yang benar-benar sehat mobilnya, coz kondisi jalan didominasi oleh tanjakan, walau pun sebagian sudah beraspal tapi tanjakan-tanjakannya bikin mobil ngos-ngosan hehe.. apalagi tanjakan di daerah gunung bongkok tanjakan nya agak panjang, sampe-sampe motor kita harus istrahat sejenak

Ngaprak Ke Situ Hyang Sinar Galih
Sudah-sudah jangan berteman.. hehehe
Jangan lupa untuk mempersiapkan  recehan gan, buat bayar portal, karena dari pembayaran portal ini untuk memperbaiki jalan kesana, awas Jangan pelit ya gan. Perjalanan menuju sana kita akan di suguhkan pemandangan yang indah dengan bukit-bukit yang hijau di sepanjang perjalanan.

Setelah kita memasuki wilayah cicemet disana akan ada pertigaan dari sana ambil arah kiri, sedangakan arah kanan akan menuju kasepuhan Ciptagelar, dari sana ikutin saja jalan aspal sampe kita menemukan kantor desa Sinargalih, dari sana kurang lebih 3 KM menuju perkampungan Palanggaran. 

Ngaprak Ke Situ Hyang Sinar Galih
Perkampungan Palanggaran Cicemet
Sesampainya di perkampungan Palanggaran kita bisa meminta izin ke ketua kampung disana yaitu Abah Nani, nanti Abah Nani akan mengantarkan kita menuju Situ hyang tersebut kurang lebih jaraknya sekitar 1 KM. 

Kesegaran dan hawa dingin sudah terasa ketika kita sudah sampai diperkampungan ini, Silahkan Nikmati kesejukan dan kesegaran udara yang masih bersih disana. 

Jangan lupa jaga baik2 alamnya jangan buang sampah sembarangan. selain kita bisa mendirikan tenda disana kita juga melakukan aktivitas memancing, coz disini banyak sekali ikan nya, tapi sebelumya kita harus izin dulu yah sama abah 

Ngaprak Ke Situ Hyang Sinar Galih
Mancing Mania disitu hyang

Ngaprak Ke Situ Hyang Sinar Galih
Mancing Mania 2 

Ngaprak Ke Situ Hyang Sinar Galih
Memasak Ikan Hasil mancing di Situ hyang
Selamat menikmati keindahan alamnya, tempat ini bisa dijadikan alternatif liburan alam buat kalian yang sudah bosen dengan Pantai dan laut


Ngaprak Ke Situ Hyang Sinar Galih
Gambar di ambil dari atas bukit situ hyang

Ngaprak Ke Situ Hyang Sinar Galih
Lokasi pemasangan Tenda

Ngaprak Ke Situ Hyang Sinar Galih
Situ Hyang (Situ Sinar Galih) Palanggaran - Cicemet

No comments:

Post a Comment