Thursday, April 13, 2017

Ngaprak Leuweung : Kemping Ngedadak Ke bukit Sabak Sukabumi

Penulis : Ferdy Wahyudy
Ngaprak Leuweung Ke Bukit Sabak Sukabumi
Bukit Sabak
Assalamualaikum Wr. Wb
Haiii Ngaprakeerrrsss!!! 
Saya pribadi (Ferdy Wahyudy) akan membuat artikel tentang perjalanan ngaprak  ke Bukit Sabak yang berlokasi di Kabupaten Sukabumi. waktu itu saya tidak sendirian, saya ditemani oleh 3 sahabat ngaprakers yaitu : Nugraha, Rezza Pahlevi dan Sandi Pratama.
Jadi Awal mulanya pada hari sabtu tanggal 21 Mei 2016, kami tidak merencanakan akan melakukan perjalanan menuju bukit sabak. Waktu itu kami tidak mempunyai kesibukan, kami memutuskan untuk melakukan perjalanan menuju bukit sabak ya intinya rencana ini mendadak. Untungnya sebagian peralatan camp sudah kami persiapkan seperti tenda, panci kecil, gelas dan piring 4, sendok, yang lainnya sama sekali belum siap, kecuali barang pribadi kita masing - masing. Kami berempat memutuskan untuk menyewa peralatan camp yang berada di jalan baros yang arah Jalur ( jalan baru ) Sukabumi. Hanya saja setelah kami mau menyewa peralatan camp tidak semua kumplit yang kami dapatkan hanya sarung tangan, sliping bag, had lamp. Untuk  Peralatan masak kami tidak menyewanya karena di tempat sudah tidak tersedia lagi, si abangnya bilang “duh a, nesting sama kompornya sudah ada yang sewa, soalnya di sini terbatas peralatan kaya gitu”, ya udah mau gimana lagi kalo sudah tidak ada kita Ikhlasin aja hehe

Ngaprak Leuweung Ke bukit Sabak Sukabumi
Perjalanan Pulang dari Bukit Sabak
Singkat cerita kami mulai pemberangatan dari kosan sesudah solat Ashar kira – kira jam 15:20 WIB, pemberangkatan kami menggunakan dua sepeda motor. Perjalanan kami menuju lokasi banyak sekali kendala, seperti salah satu motor teman kami (Sandi Pratama) mengalami kempes ban, kita harus tunggu selama 15 menitan, lanjut perjalanan kami mengalami masalah kembali seperti macet panjang di sekitaran jalan sukaraja ( lamanya macet kurang lebih 10 menitan). setelah masalah yang sudah kami lalui ( cciieeeellaahhh lebay dikit gak apa-apakan? Hehehe ) perjalanan kami selanjutnya lumayan lancar sampe ke pertigaan ( kami lupa nama pertigaannya apa). pas waktu magrib tiba, kami berhenti di Mushola untuk melakukan kewajiban kami sebagai umat muslim. Selepas kami melakukan sholat magrib, kami mampir ke Indomart untuk berbelanja kebutuhan yang harus dibeli supaya di puncak nanti tidak ada yang kelaparan. Selama di indomart kami bertemu dengan 2 orang pengendara motor yang kata mereka sendiri bilang baru turun dari bukit sabak, percakapanyanya kita seperti ini : 

Akang : “ A, mau pada kebukit sabak yah?”, 
Saya   : “ iya kang, kita mau ke bukit sabak”. 
Akang : “ Duh a, jalannya ekstrim banget kalo pake motor matic kayaknya gak
              bakalan bisa nyampe bukit, soalnya jalanannya berlubang bekas tapak motor 
              trail”(bisa kami bayangkan seperti apa lubang yang disebut), bisa jadi bawahnya 
              bakalan nyangkut tanah.” 
Saya   : “ oh gitu, oke deh nice info kang”.

Ngaprak Leuweung Ke bukit Sabak Sukabumi
Dari Kiri ( Ayut, Ferdy, Nugraha)
Setelah percakapan dan informasi yang kita dapat dari akang ( Abang ) tersebut kami memulai lanjut perjalanan.Tempat yang akan kami kunjungi ini yang saya dengar cerita dari teman saya sendiri, dibukit sabak adalah tempat tongkrongan anak – anak muda yang sebelum melakukan pendakian ke Gunung yang treknya lebih jauh atau lebih tinggi. Jadi intinya untuk melakukan latihan fisik sementara sebelum mendaki ke yang lebih serius lagi. Mulai perjalanan kembali sekitar jam 18:45 WIB. Diperjalanan kami mendapatkan masalah lagi yaitu motor teman kami (Sandi Pratama) tidak cek kondisi motornya dari awal, kali ini masalahnya di lampu utama ( depan ) mati, akhirnya salah satu temen kami manggil untuk membawa motornya berdekatan supaya jalan yang dilalui terang. Lama perjalanan ke gerbang tujuan kami kurang lebih 15 menitan. Eh Eh aduh bang jono (hahaha malah nyanyi, maaf maaf kita lanjut ke cerita) Eh Entah kenapa yang seharusnya target perjalanan kami menuju gerbang / Pintu masuk ke bukit sabak itu jauh dari perkiraan, jadi jarak tempuh kami ke depan gerbang hampir satu jam an, karena salah satu motor kami harus mengisi bensin terlebih dahulu, ketika mau mengisi bensin

Teman : “ tunggu didepan gerbang aja, saya mau isi bensin dulu, jangan kemana-
                  mana”. 
Saya : “ oke siap, hati – hati motor ente gak ada lampunya”. 

Ngaprak Leuweung Ke bukit Sabak Sukabumi
Masih Menuju Perjalanan Pulang
Sekian lama menunggu, Entah kenapa pas waktu saya nunggu di depan gerbang, saya melihat ada orang yang sama persis seperti teman saya yang membawa sepeda motor lampu depannya mati, lalu saya panggil – panggil gak nyaut, saya memutuskan untuk mengejar teman saya.  Dan kira – kira jarak 500m saya kehilangan jejak mereka, kebetulan disana ada beberapa warga yang lagi pada nongkrong kemudian saya memutuskan untuk bertanya kepada salah satu warga disana, kurang lebih percakapnnya seperti ini :

Saya : “kang punten,,, bade naros, tadi ningalian nu nyandak motor anuliwat teu? 
             Motorna teu aya lampu payun sareng nyandak tas carrier? ( Kang Maaf, 
             mau tanya, tadi lihat yang bawa sepeda motor yang nggak ada lampunya gak? 
             Sepeda motornya gak ada lampu depan dan bawa tas carrier?” 

Warga : “duh te terang kang ( duh, Gak tahu kang)” 

dari situ saya beserta sahabat saya (Rezza Pahlevi) sangat kebingungan untuk mencari mereka, saya tidak kepikiran untuk membuka handphpone pada saat itu, dikarenakan handphone saya mati Hehe, untungnya rezza bawa powerbank, lalu dia charger handphonenya,  kurang lebih beberapa menit handphone saya nyala ( Alhamdulillah) kita seneng tuh dari situ ( Hehe) , setelah handphone saya nyala, saya mendapatkan masalah baru lagi, (kalian ingin tau masalahnya apa? Kita tunggu pesan – pesan berikut ini hahahhaa. Nggak - nggak yuk kita lanjut lagi ceritanya). Masalah yang saya dapat yaitu pulsanya tidak cukup ( amsyoonngg daahh ). 

Saya : “ Za, (panggilan akrabnya) Pulsa beak euy teu cukup, ente aya pulsa teu? 
             (Za, Pulsa abis nih, kamu ada pulsa gak?)” 

Rezza : “sama fey lagi ga ada pulsanya nieh !”

Kemudian Rezza pun memutuskan untuk meminjam pulsa SOS kepada operator (pulsa darurat Hehe, lumayan walaupun Cuma Rp. 2500), setelah semua ritual pinjam - meminjam pulsa darurat ke Operator selesai, Rezza mulai menelpon mereka (teman kami) yang hilang, dan ternyata mereka sudah sampai di gerbang bukit sabak, lalu kami bergegas putar balik menuju ke gerbang bukit sabak, ternyata benar meraka sudah ada di sana, setelah itu kami pun bergegas menuju puncak dikarenakan hari sudah mulai gelap, sebenarnya memang sudah gelap dari tadi sih ( Hehe ). 

Diperjalan menuju ketujuan, pertama kali yang kami cari adalah tempat untuk menyimpan sepeda motor, di karenakan trek ke puncak nya sangat extreme ( seperti dibilang akang – akang tadi pas ketemu di Indomart), tidak lama kemudian kami menemukan pemukiman warga yang tidak jauh dari gerbang, saya meminta izin untuk menitipkan kendaraan kami di sana, setelah kami berbincang – bincang dengan salah satu warga sekitar ternyata kendaraan bisa di bawa ke atas, lalu kami memutuskan untuk membawa kendaraan kami ke atas. 

Ngaprak Leuweung Ke bukit Sabak Sukabumi
Sisa foto - foto
Sesampainya di kaki bukit sabak, kami menemukan pertigaan ( nah loohhh ada lagi nih masalah ) kami pun semua bingung kemana kami harus memilih jalan untuk menuju bukit. Saya sendiri memutuskan untuk mengambil jalan arah kanan, ternyata jalan yang kami lalui bukan jalan menuju bukit sabak tapi kebun pisang, saya berbicara dalam hati “ lah ini jalan kemana? Bener gak sih ini jalannya”. Lalu saya mengajak sahabat ngaprakers untuk memutar balik arah ( mana lagi gelap, lengkap penderitaan kita), sebelum kami memulai balik arah, salah satu dari kami melihat adanya cahaya lampu, lalu kami memutuskan untuk diam sejenak sambil berfikir, dan sempat beradu argumen, kurang lebih percakapannya seperti ini. 

Saya : “heh dak, eta mah kandang hayam lin, ? 
                  (hey bro, itu mah kandang ayam kan?”)

Rezza : “heueuh lin fey, tapi asa aneh aya kandang hayam di leweng kie?"
                "(iya kayaknya fey, tapi kok aneh ada kandang ayam dihutan?”

Nugraha : “ eta mah imah heeh yut? 
                 (Itumah rumah kan yut?)” 

Nugraha meyakinkan kepada Sandi,(“yut” berasal dari kata “cayut” nama panggilan akrab dari Sandi Pratama). 

Rencana kami hampir pudar di sana karena jam sudah menunjukan jam 20:00 WIB dan kami berencana untuk memasang tenda di sekitaran kebun pisang tersebut, sebelum memulai pembongkaran tas carrier, saya pun memutuskan untuk pergi ke bawah yang terdapat cahaya lampu, dan ternyata guys itu bukan kandang ayam, tapi rumah penduduk yang tinggal disekitaran kebun pisang itu, di sana ada 3 rumah mungkin masih satu keluarga dan saya bertemu dengan salah satu penghuni rumah tersebut, lalu saya bertanya 
Saya                    : “ kang, bade naros, ari bukit sabak teh dipalih mana?”
                                  ( kang, mau tanya, kalo ke  bukit sabak tuh disebelah mana?)

Yang punya rumah : “waduh jang, bukit sabak mah teras deui kaluhur, sanes jalan
                                   kadieu, kadieumah jalan ka bumi abdi, jadi ujang teh, tapi tiasa 
                                   jalan dieu oge,   ujang teras wae tuturkeun jalan setapak ieu 
                                   (sambil nunjukin jalan) engkin ujang mendakan warung, tah
                                   tidinya ujang belok ka kanan nanjak, teras we kaluhur nugikeun 
                                   mendakan sapertos lapang, tah eta jang bukit sabak teh, 
                                   kira – kira 30 menitan nyampe. wios motor simpen wae didieu” 

                                  (aduh dek, bukit sabak terus lagi keatas, bukan jalan ke sini, 
                                   ke sini sih jalan ke rumah saya, jadi adek tuh, tapi bisa kok 
                                   jalan sini juga, adek terus aja ikutin jalan setapak ini 
                                   (sambil nunjukin jalan) nanti adek ketemu warung,nah dari situ 
                                   adek belok ke kanan, nanjak terus keatas sampe nemu seperti 
                                   lapangan, nah itu dek bukit sabak, perkiraan 30 menitan nyampe. 
                                   nggak apa – apa motor simpen aja disini). 

Saya        : “oohh gitu kang, enya atuh hatur nuhun pisan” 
                    (oohh gitu kang, kalo gitu terima kasih banyak) 

Ucapan terima kasih dari saya karena akang ini udah baik dan mau memberikan informasi jalan menuju bukit sabak. Setelah saya bertanya lalu berbincang – bincang dan meminta izin untuk menitipkan motor, saya kembali ke sahabat – sahabat ngaprakers untuk memberitahukan bahwa sepeda motor kami bisa dititipkan di rumah tersebut dan bisa melanjutkan perjalanan ke bukit sabak.

Dari situ perjalan kami dilanjutkan, mulai berangkat lagi jam 20:45 WIB.ditengah perjalanan kami menemukan sebuah warung yang sudah tutup dan tidak ada penghuninya ( seperti yang dikatakan akang barusan), ternyata warung tersebut adalah pos 1, dan sepaket dengan jalan utama menuju bukit. Mungkin karena malam hari kita tidak dipungut biaya sepeserpun. Ditengah perjalanan kami mencium aroma tidak sedap, dan entah aroma apa itu ? ( horor gak sih? Engga yah biasa aja. Heheh ), mungkin saja kotoran binatang, kami berfikir positif saja tidak memikirkan hal – hal yang aneh – aneh dan Kamipun hanya bisa ngobrol pelan sambil melanjutkan perjalanan yang baru setengah jalan.Singkat ceritatak terasa 30 menitan lebih kami sampai ke puncak bukit sabak  nyampe puncak sekitar jam 21 : 15 WIB. 

“ ttaaadddaaaa” teriak Nugraha yang kegirangan karena sudah sampai tujuan. “ Alhamdulillah atuh nug bukan tada” sontak rezza berkomentar. Saya dan sandi hanya tertawa melihat kelakuan dua sahabat ngaprakers yang kegirangan.
Kalo lagi libur panjang biasanya tempat ini rame dengan pengunjung dari siang sampe malam ada yang melakukan sesi poto  - poto alay atau sekedar bermain motor trail dan berkemah seperti kami lakukan pada malam itu.

Ngaprak Leuweung Ke bukit Sabak Sukabumi
Sampah bekas para Alayer.. 
Sesampainya dilokasi perkemahan, kita mulai menyusun dan mendirikan tenda serta merapikan untuk persiapan tidur kami berempat. Kita tidak langsung tidur karena kurang lengkap rasanya jika tidak menikmati dulu pemandangan yang sudah tersedia di lokasi. Dilokasi tersebut terdapat banyak pohon pinus, kalo kalian punya Hamock boleh tuh pasang Hamock di sana, untuk bersantai bersama sahabat / atau pacar, sekedar mengisi liburan kalian. 

Di sana kita dapat melihat kota Sukabumi yang terang benderang oleh lampu toko, rumah – rumah warga Sukabumi, lampu jalanan, lampu motor dan mobil yang terus berlalu lalang di malam Minggu, dan tidak lupa GUNUNG GEDE PANGRANGO terlihat jelas sekali di lokasi perkemahan kami.

Disitulah malam Minggu kami berempat melakukan perjalanan ngaprak yang sangat super mendadak dan banyak momen – momen yang kami alami selama perjalan. 

Cukup sekian perjalanan ngaprak kami menuju bukit sabak. Terima kasih sudah sempat membaca artikel yang sangat absurd alur ceritanya. Mohon maaf untuk kekurangan cerita saya yang saya bawakan.

Tunggu Artikel ngaprak kami para ngaprakers di tempat – tempat yang akan kami kunjungi selanjutnya
Salam ngaprak “ Ngaprak Leuweung..... Leuleuweungan’’

2 comments: