Friday, July 28, 2017

Ngaprak ke Curug Lebak Bengang (Green Canyon)

Curug Lebak Bengang
Curug Lebak Bengang - Loc. Kmp. Cisitu, Desa. Situmulya, Kec. Cibeber, Kab. Lebak.

Artikel by : Kang Warith Arkaan

Assalamualaikum wr.wb…!!!
Ngaprak Leuweung……………………Leuleuweungan !!!
Hi Ngaprakers, kembali lagi kami Ngaprak Leuweung mencoba mengaprak ke daerah cisitu yang belum habis memberikan kejutan-kejutan keindahan alamnya. sebenernya kegiatan ngaprak yang kami lakukan ini udah lama, karena banyak kesibukan ( cie.. admin sok sibuk hehe) makanya baru bisa posting artikelnya sekarang.

Sabtu, 20 mei 2017 satu minggu sebelum puasa kami melakukan acara ngaprak untuk menyambut bulan puasa tahun ini.
Setelah malakukan janji untuk berkumpul jam 10.00 pagi di tempat biasa, seperti biasa saya selalu yang pertama datang di tempat berkumpul yang sudah di tentukan, tak lama neng caca menyusul dari arah cisolok bersama kang yanyan, kami ngobrol-ngobrol  sambil minum-minuman ringan tibalah kang irfhan dan kang rafid yang telatnya hampir 1 jam dengan beribu alasan yang sudah saya hafal…heheheh…(selalu ada alasan untuk datang terlambat).

Tak lama kang ferdy dan kang reza datang dari sukabumi (katanya ngebut dari sana-nya), tapi keselamatan adalah yang utama dengan mereka sudah tiba di tempat yang sudah dijanjikan dan kami membeli perbekalan untuk ngaprak karena kami akan mendirikan tenda dan menginap sebelum menuju kecurug lebak bengang ini, karena lokasinya akan indah kalau dikunjungi pagi hari.
Setelah semua perbekalan kami persiapkan dan semua sudah siap, kami berenam berangkat menuju base camp kasepuhan cisitu yang disana sudah di tunggu teman-teman ngaprak yang lain ada kang wadin, kang ute, dan kang dida.

Ngaprak Leuweung Air Terjun yang ada di kab. Lebak Banten
Berfose dulu sebelum melanjutkan ke TKP
Tibanya kami di sana, kami beristirahat sebentar dan membicarakan rencana dan jalan yang akan di ambil, dan kami memutuskan untuk membawa kendaraan, karena jalan yang dilalui bisa meggunakan kendaraan roda dua.
Setelah persiapan dan pengecekan ulang perlengkapan ngaprak sudah selesai, kami akhirnya berangkat tepat pukul 04.00 sore. Dan tiba dilokasi peristirahatan yang biasa dilalui oleh orang-orang yang akan pergi ke kebun dan kesawah. Kami menaiki dataran yang lebih tinggi untuk mendirikan tenda sebagai tempat peristirahatan kami malam ini, setelah tenda terpasang kami berkumpul dan bercerita sambil beristirahat.

Ngaprak Leuweung Air Terjun yang ada di kab. Lebak Banten
Piss Men.. Airnya bikin beku brrrr....
Besoknya hari Minggu 21 Mei 2017. Tepat jam 07.00 pagi setelah pembongkaran tenda, sarapan dan perapihan semua perlengkapan, kami meneruskan perjalanan kembali menuju curug lebak bengang.

Tepat pukul 08.00 pagi kami tiba di ujung jalan yang bisa dilalui oleh kendaraan roda dua, perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki menuju curug lebak bengang, setelah kurang lebih 30 menit perjalanan menuju lokasi akhirnya kami tiba di curug lebak bengang ini, yang pertama kami lakukan adalah bersyukur dan berterima kasih kepada Allah swt karena telah memberikan kami keindahan alam yang sangat indah.

Ngaprak Leuweung Air Terjun yang ada di kab. Lebak Banten
( Ferdy )Loncaaattt Brooo...
Kang rafid bilang ini Green Canyon Banten, saya bilang ini percikan surga dan kami tertawa bersama sambil menikmati keindahan alam ini.
Kami melakukan ritual mandi dan bersuka ria di air terjun yang suhu airnya masih dingin dan segar sambil menikmati teh hangat, sungguh indah pemandangan ini dan menyesal bila kita melewatkan berkunjung ke cisitu tanpa mengunjungi curug lebak bengang ini, walaupun namanya kurang cihuy tapi di jamin pemandangannya bikin betah dan gak mau buru-buru pulang.

Kami rekomendasikan untuk menuju ke sana harus menggunakan motor yang tenaganya masih oke (bagus) karena jalan kesana banyak turunan dan tanjakan dan sebagian jalannya masih tanah yang bila di lalui pagi hari akan sangat licin sekali.

Ngaprak Leuweung Air Terjun yang ada di kab. Lebak Banten
Jump and go Forward as long as you can
Memang keindahan alam tidak bisa kita nikmati dengan mendengar cerita dan melihat foto-foto dari teman atau dari media sosial, keindahan alam bisa kita nikmati dengan mendatangi dan melihat langsung dengan mata sendiri, tapi kami disini mencoba berbagi untuk para penikmat alam bahwa belakang rumah itu indah mari kita jaga dan merawatnya.

Bila ingin ikut ngaprak bareng kami bisa meng add facebook dan instagram kami di @ngaprak leuwung.

berikut ini video curug lebak beungang cisitu

1. Mantap..., route jalan lewat mana sukabumi atau banten..?
    Tks

2. route jalan dari sukabumi ke arah plabuhan ratu, menuju ke arah pasirkuray, dan belok kanan menuju desa adat kasepuhan cisitu, disana bisa koordinasi langsung dengan dulur ngaprak leuweung ada kang Dida, bisa di tanyakan langsung disana untuk route ke curugnya.