Thursday, February 2, 2017

Ngaprak Leuweung : Destinasi Wisata Alam Curug Kanteh di Desa Cikatomas Via Kp. Margamukti

Curug Kanteh Desa Cikatomas
Curug Kanteh
Kali ini Lokasi yang akan kami kunjungi adalah Curug Kanteh (kanteh Waterfall) yang lokasinya berada di Desa Cikatomas.


Curug kanteh merupakan salah satu Air terjun yang berada di daerah Kabupaten Lebak provinsi  Banten – Indonesia.

Air terjun  ini masih sangat jarang pengunjungnya, kurang nya pengunjung dikarena memang akses  untuk menuju kelokasi tersebut masih belum dikelola dengan baik dan masih alami. 

Kedepannya semoga niat dan cita-cita kami untuk membuat air terjun ini sebagai alternatif untuk tempat wisata alam bisa terwujud, amiin...

Adapun akses yang dapat dilalui menuju Air terjun ini ada beberapa akses, yaitu :


Curug Kanteh Desa Cikatomas
Akses Awal dari Kp. Margamukti
Air terjun ini pun dapat dilihat dari Jalan raya antar Propinsi yang menghubungkan antara propinsi Jawa Barat dan Propinsi Banten. Air terjun ini juga merupakan kebanggan desa kami dan sumber kehidupan desa kami, karena dari air ini lah para petani di desa ini bisa mengairi sawah-sawahnya.

Air terjun yang ada di desa kami ini sebenarnya memiliki beberapa air terjun tapi yang biasa dikunjungi hanya 1 air terjun, itu pun air terjunnya gambungan dari 3 air terjun yang berundak-undak. Sumber air terjun ini berasal dari mata air cikahuripan yang berada di kecamatan cibeber, kemudian airya mengalir melawati kecamatan cilograng dan bermuara di kecamatan Bayah.

Curug Kanteh Desa Cikatomas
Indahnya hijau persawahan yang kami lewati
Perjalanan yang kami lalui Waktu itu melalui jalur dari Kp. Margamukti, Perjalanan kami mulai dari persimpangan antara Jalan kampung Cikatomas 2 dan Jalan Cibeber, start awal perjalanan menelusuri persawahan yang berada Kp. Margamukti Desa Cikatomas Kecamatan Cilograng, perjalanan kami mulai pada pukul 10.30 cuaca saat itu sangat mendukung untuk melakukan ngaprak bersama anggota ngaprak leuweung, saat melakukan perjalanan kami hanya bertiga, Teman ngaprakers yang lain tidak bisa mengikuti penjelajahan bersama kami karena ada kesibukan nya masing-masing.

Curug Kanteh Desa Cikatomas
Melangkah diatas tembok Irigasi 
Sebelum kami mulai perjalanan kami membeli beberapa makanan kecil di warung Ko amin untuk persedian mengganjal perut kami dalam perjalanan dan dilokasi karena memang di lokasi yang kami tuju belum ada tempat jualan makanan atau warung. ( Masih hutan gan...)

Selama perjalanan kami menyusuri sawah dan di suguhi pemandangan pesawahan yang memang saat itu masih hijau, setelah kita melewati persawahan dilanjutkan dengan berjalan diatas tembok selokan irigasi, sekali kali kami pun berjalan menyusuri air irigasi yang memang di peruntukan untuk mengairi pesawahan para petani setempat.

Curug Kanteh Desa Cikatomas
Hati-hati saat melewati tangga ini, Licin sangat gan!
Perjalanan menuju air terjun via Kp. Margamukti bisa memakan waktu sekitar ± 45 menit, dalam setiap perjalanan di alam kita harus selalu ekstra hati-hati terhadap semua kemungkinan yang terjadi, antara longsor dari tebing dan terpeleset dan jatuh ke bawah yang langsung masuk ke sungai dan memang treknya yang kami lalui menyusuri irigasi yang dibawahnya sungai yang mengalir ke perkampungan cihideung, sangat berbahaya jika kita kurang hati-hati dalam melangkahnya.

Tidak begitu lama setelah melalui irigasi kita akan sampai di bendungan kecil, disini juga kita harus hati-hati karena dibawah bendungan ada aliran sungai yang lumayan kencang dan tinggi jika sampai terjatuh kebawah bisa berbahaya sekali.

Curug Kanteh Desa Cikatomas
Bendungan irigasi, hati-hati saat nyebrangnya gan !
Saat menyebrangpun kita harus sigap dan hati-hati saat menentang arus sungai apalagi disaat air sedang besar. Dari lokasi ini kita sudah dapat melihat air terjun nya.

Nikmati kesejukan alam dan dingin nya air di curug ini bisa menghilangkan rasa cape kita setelah perjalanan menyusuri sawah dan irigasi tadi.

Terbayar sudah semua lelah dan cape kita dengan keindahan dan sejuk nya air terjun ini, terima kasih atas nikmat dan keindahan Alam yang telah Allah berikan pada kita. kami pun tidak menyianyiakan kesejukan air nya dengan bermandi disana. segeeerr gan..

Bagi kalian yang ingin berkunjung kesini silahkan persiapkan energi dan mental kalian, karena keindahan air terjun dan alamnya bisa buat kalian jadi ketagihan..hehehe..

Curug Kanteh Desa Cikatomas
Menikmati sejuk dan dinginnya air terjun
Satu hal lagi jaga dan lestarikan alamnya jangan dirusak dan membuang sampah sembarang.

Salam Ngaprak Leuweung #leuleuweungan

Curug Kanteh Desa Cikatomas
Mantap Air Terjunnya

No comments:

Post a Comment