Monday, November 13, 2017

Pengalaman Pertama saat Mendaki Gunung Gede

Ngaprak Leuweung, Wisata Alam, Wisata Sukabumi, Para Pendaki, Pecinta Alam, Petualangan, Adventure,
Indahnya memandangi kebesaran Tuhan

Sampurasun Ngaprakers hehehe 😊😊 .

apa kabarnya nih ? semoga pada sehat lahir batin deh ya buat para ngaprakers .

di edisi blog kali ini mimin mau share tentang pengalaman mendaki gunung pertama kali mimin (salah satu anggota ngaprakers)  . sok siapin fisik dan mentalnya buat baca blog ini supaya kuat menahan rindu yang tak berujung ini (lho ngaco ya J ),

kejadian ini senbenernya sih udah lama tepatnya tanggal 12-14 september 2014 yang lalu, tapi baru kali ini mimin nge-post disini, mudah-mudah ga basi. hehehe

Ok just info Gunung Gede merupakan sebuah gunung yang berada di Pulau Jawa, Indonesia. Gunung Gede berada dalam ruang lingkup Taman Nasional Gede Pangrango, yang merupakan salah satu dari lima taman nasional yang pertama kali diumumkan di Indonesia pada tahun 1980. Gunung ini berada di wilayah tiga kabupaten yaitu Kabupaten Bogor, Cianjur dan Sukabumi, dengan ketinggian 1.000 - 3.000 m. dpl, dan berada pada lintang 106°51' - 107°02' BT dan 64°1' - 65°1 LS. Suhu rata-rata di puncak gunung Gede 18 °C dan di malam hari suhu puncak berkisar 5 °C, dengan curah hujan rata-rata 3.600 mm/tahun. Gerbang utama menuju gunung ini adalah dari Cibodas dan Cipanas.

Titik puncak Gunung Gede terletak di atas tebing atau gigir kawah yang baru, namun gigir ini tak lagi utuh karena telah dihancurkan oleh letusan volkanik yang terjadi berulang kali. Gigir yang lebih tua adalah punggung gunung yang dikenal sebagai Gunung Gumuruh (2.929 m dpl); kawah-kawah dan puncak Gunung Gede yang sekarang terletak pada bekas kawah Gunung Gumuruh lama yang telah punah. Di antara gigir Gunung Gede dan gigir Gunung Gumuruh itulah terletak lembah dataran tinggi bernama Alun-alun Suryakancana (2.750 m dpl), yang penuh tertutupi oleh rumpun edelweis jawa yang cantik.

ok deh lets begin , mimin naik gunung gede saat itu barengan senior2 mimin di salah satu himpunan mahasiswa yang mimin ikutin saat itu, jumlah orang yang berangkat ada sekitar 10 orang terdiri dari 4 cewe dan 6 cowo .

untuk pendakian pertama mimin ini ngepreparinnya sh engga ribet karena ada senior kampus mimin yang rela nyediain alat2 yang mesti mimin bawa buat mendaki, karena jujur saat itu mimin engga punya satupun peralatan mendaki (hahaha miris ya😁😁😁) semua peralatan yang mimin pake and bawa murni hasil pinjam meminjam (jujur amat ya mimin hihihi😝😝😝).

kita meeting point di Sekretariat himpunan kamis malam (11 september 2014) dan sekitar pukul 11 malam kita mulai berangkat k awal trek di daerah Goalpara, Sukabumi menaiki mobil angkot.

saat itu kita mendaki pake jalur ilegal (please jangan di ikuti saat itu mimin belum ngarti jalur ilegal sama legal 😓😓) , kita mulai trek mendaki jam 00.00 WIB dengan diawali dengan berdoa bersama mulailah kita jalan kaki. Selama perjalanan menuju pos 1 and pos 2 sih biasa aja, maksudnya treknya belum begitu nanjak. lagian emang kita super slow juga engga terlalu berambisi untuk nyampe ke alun2 surya kencana cepet2 karena emang kenyataannya hampir 80% Newbie hehe .

and yang bikin gokilnya tiap kita merasa capek atau lelah kita pasti langsung istirahat untuk ngopi and makan hahaha bayanginnya aja dari awal trek menuju pos satu kita mesti 2x berhenti and dari pos 1 ke pos 2 kita berhenti 3x 😂😂😂😂 .

saat itu mimin masih merasa ga ada spesyal dari mendaki dalam artian trek nya sama aja kayak kita explore curug, hingga dari pos 2 ke pos 3 mulai kerasa perjuangan mendaki gunung th gimana . Treknya mulai nanjak tak tertahan, gila pokoknya apalagi mimin sebelum mendaki engga latihan fisik sama sekali.

disana mimin mulai lambat dalam jalan and mulai banyak ngeluh bahkan mimin sempet mikir buat balik ke belakang aja, senior2 mimin nyemangatin mimin katanya "Semangat bro puncak bentar lagi".tapi hingga beberapa jam berlalu itu puncak belom kliatan batang daunnya satupun hahha .

saking menyerahnya mimin sampe2 mimin udah duduk aja barengan 2 temen mimin yang merasakan hal yang sama .

sampe2 senior mimin yang udah nyampe pos 3 mesti balik lagi ke arah mimin buat bawain carriel yang kita bawa, alhasil kita trek tanpa bawa apa2 tapi tetep merasa berat (asli dah), sekitar jam 11.an kita nyampe di pos 3 dimana di pos 3 ini katanya ada makam kuncen gunung gede gitu makanya kita sempet ketemu sama peziarah yang cuma pake sarung, baju koko, kopiah and sandal doang , lah mimin mikir itu mereka kalau laper gimana 😏😏😏 .

and finally jam 12.00 WIB kita sampe di alun2 suryakencana perjalanan cukup panjang ya 12 jam perjalanan hahaha luar biasa kan. ternyata di alun2 suryakencana lagi ada acara, pokoknya banyak banget pendaki disana, setelah cukup istirahat kita langsung mendirikan tenda and sebagian masak2 untuk persiapan makan. ketika menjelang magrib mimin dibikin tak berkutik melihat senja di alun2 suryakencana demi tuhan CANTIK banget sampe2 gak kerasa mimin netesin air mata saking takjubnya sama pemandangan yang mimin liat saat itu, bener2 rasa lelah mimin di trek mendadak semua hilang .
akhirnya sepanjang malam kita habiskan didalam tenda sambil bercanda ria karena emang udaranya udah mulai menusuk tulang dinginnya, sebelum tidur mimin sempetin keluar tenda dan ketika mimin liat keatas langit SUBHANALLAH mimin tertegun kembali, ga kerasa mewek lagi entah harus bilang apa pokoknya INDAH BANGET .

Ngaprak Leuweung, Pendaki, Para penjelajah, adventure, wisata alam, wisata sukabumi, para petualang
Brrr..... dinginnya ga ketulungan

jam 21.00 WIB kita udah tidur karena mungkin kelelahan hehe . paginya kita bangun dan diluar udah rame aja. kita gunain waktu buat hunting photo and santai2 ria, hingga pukul 18.00 WIB kita mulai prepare buat tracking lanjutan ke puncak gunung gede. Sampe ke puncak kira2 jam 20.00 WIB . tanpa banyak pikir kita langsung mendirikan tenda dan masak air panas untuk bikin kopi, karena udara di puncak lebih dingin ternyata dari alun2 surya kencana. saking dinginnya mimin mutusin buat enggak keluar tenda dan lebih memilih bersembunyi di dalam sleeping bag, tapi ternyata meskipun baju udah berlapis2, kaos kaki udah berlapis2 segalanya berlapis2 tetep aja dinginnya ga ilang and mimin ga bisa tidur.

sampe akhirnya salah satu senior mimin ngajak mimin keluar dan dengan maksain diri mimin keluar, saat itu sekitar jam 02.00 WIB. pas mimin keluar mimin gerakin badan supaya gak kedinginan. ketika mimin jalan kedepan SUBHANALLAH again tuhan nunjukin ciptaannya yang maha KEREN sampai2 mimin lupa akan dinginnya udara yang tadinya nusuk tulang mimin hahaha, setelah beberapa lama akhirnya mimin balik ke tenda dan jam 04.00 WIB baru dh mimin bisa tidur 😏😏😏.

sekitar jam 05.30 WIB mimin baru bangun dan di tenda udah enggak ada siapa2, buru2 mimin keluar dan diluar yang lain udah asyik aja photo2 hahaha .

tapi bukan photo2 mereka yang ngebuat mimin ga bisa ngomong apa2 tapi lagi2 tuhan menunjukkan ciptaannya yang ngbuat mimin nangis sambil sujud dan terus2 bilang SUBHANALLAH dan ALLAHUAKBAR .

dan ga kerasa tangis mimin suaranya kenceng juga hahahaha .

Ngaprak Leuweung, Wisata alam, pendaki, jalur pendaki, pendaki cantik, pendaki keren,
dari Kiri ( mimin and Friends)
setelah cukup puas photo2 dan menikmati pemandangan yang ga biasa ini, kita balik ke tenda untuk makan dan persiapan untuk pulang. sekitar jam 11.00 WIB kita mulai trek pulang . ketika sampai di pos 3 kita istirahat dan tak lama mulai jalan lagi, disini kelompok mulai pecah, kelompok pertama ada mimin dan 4 orang lainnya yang memilih lari2 menuju pos 2 and 1 karena emang turun kan trek nya dan lagi kita udah lelah pengen cepet2 sampe dan istirahat . di pertengahan pos 1 kita sempet istirahat beberapa menit, tak lama kita lanjutkan perjalanan tapi anehnya selama 5 jam perjalanan lari2an kita ga nemu ujungnya, sampe2 kita di sasarin ke kandang babi .

hari mulai gelap kita semua mulai panik karena emang kita ga bawa tenda and logistik dan kita ga siap buat camp, akhirnya kita berkumpul dan merenung lalu kita berunding kira2 ada apa sampai seperti ini , dan akhirnya salah satu teman mimin mengakui kalau dia tadi kencing tanpa permisi, lalu dia minta maaf karena kencing tidak permisi2 dulu lalu kitapun mulai perjalanan lagi, ga lama dari itu kita nemu kebun warga dan jalan menuju pos pemberangkatan atau di pos awal trek .

kita sampe di pos pemberangkatan sekitar jam 19.00 WIB, rupanya di pos pemberangkatan kelompok 1 sudah menunggu kita dari tadi .lalu, kita menceritakan kenapa kita bisa kesasar kayak gitu .

pendakian pertama ini benar2 mengesankan dan banyak pelajaran yang mimin dapatkan, pahit manis semuanya mimin nikmati dengan taburan rasa syukur, gara2 pendakian ini juga mimin pun bertekad "saya ga bakalan menyerah hanya dengan gunung gede aja saya bakalan carti arti/ hikmah serta menguji semua yang ada pada diri saya dengan pendakian gunung yang lainnya", dan kita juga harus sadar bahwa sejatinya ada makhluk lain di setiap tempat yang mesti kita hormati apalagi di gunung, jika kita tak mengusik dia mana mungkin diapun akan mengusik kita , saling menghormati satu sama lain saja .

Terimakasih tuhan atas nikmat yang tiada tara dan keindahan dan syurga yang engkau telah ciptakan dibumi pertiwi .

mendaki itu bukan perihal kerennya bukan juga karena gaulnya, mendaki gunung tuh bukan main2. mendaki itu adalah cara mimin untuk mengetahui sajauh mana kesabaran, motivasi, pantang menyerah, fisik dan solidaritas kita .

mimin bakalan mencari ketenangan dan arti MENDAKI pada pendakian2 gunung lainnya 😊😊.

dan ingat jangan menganggap sepele mendaki gunung, sebelum mendaki usahakan latihan fisik dulu dan preparin semua peralatan dengan seksama agar tidak ada kejadian yang tidak diharapkan terjadi.

oke deh, begitulah kira2 pengalaman pendakian pertama mimin semoga bermanfaat hahaha , sorry panjang banget kayak koran upsss .

see you on next post .

wassalamualaikum .

life its ngabolang broo .